STUDI KUANTITATIF IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DAN PIKET BERSAMA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas 5 dan 6 MIM Purwodadi)

Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2024

fahmi adi irawan


Pembimbing

  • Pembimbing 1 : Ginanjar Suendro, S.E, M.M
  • Pembimbing 2 : Yudho Purnomo, S.E, MM

Penguji

  • Penguji 1 : DR. Sodikin S.Ag, M.M
  • Penguji 2 : Drs. Dirgo Wahyono M.Si
  • Penguji 3 :

URL
No Jenis File File
1 File Komplit Lihat File
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Program Adiwiyata dan kegiatan piket bersama terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas 4 dan 5 di MI Muhammadiyah Purwodadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan uji t dan uji f untuk menganalisis data yang diperoleh. Peduli lingkungan merupakan salah satu karakter siswa yang penting untuk ditumbuhkan di sekolah. Sikap peduli lingkungan merupakan rasa yang dimiliki oleh setiap individu untuk mampu memperbaiki dan mengelola lingkungan secara sesuai dan berguna, agar dapat dinikmati secara berkelanjutan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Adiwiyata memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap sikap peduli lingkungan siswa dengan nilai t sebesar 0.432 dan signifikansi 0.668. Sebaliknya, kegiatan piket bersama memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap sikap peduli lingkungan siswa dengan nilai t sebesar 18.509 dan signifikansi 0.000. Selain itu, hasil uji f menunjukkan bahwa kombinasi antara Program Adiwiyata dan kegiatan piket bersama memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap sikap peduli lingkungan siswa dengan nilai f sebesar 172.988 dan signifikansi 0.000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan piket bersama lebih efektif dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa dibandingkan dengan Program Adiwiyata. Kombinasi kedua variabel tersebut memberikan dampak positif yang signifikan terhadap sikap peduli lingkungan siswa.

Keyword : Program Adiwiyata, piket bersama, sikap peduli lingkungan

DAFTAR PUSTAKA

Adidusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Bandung: PT RajaGrafindo Persada.

Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi program adiwiyata berbasis partisipatif dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter di sekolah dasar. 30(1), 57–70.

Alfina Kurniasari, N., & Vistrina, L. (2023). Peran Program Sekolah Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Murid SD. 3(12), 1087–1094. https://doi.org/10.17977/um065v3i122023p1087-1094

Azwar, S. (2002). sikap peduli lingkungan peserta didik di sekolah adiwiyata dan non adiwiyata kota tangerang selatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Destiyani, I. (2024). peran lingkungan sekolah dalam pendidikan (Vol. 1, Issue 1).

Dewi Irfianti, M., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). perkembangan karakter peduli lingkungan melalui model experiential learning. upej, 5(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Dewi Oktavia, A., Naufa Ramadhina Wardani, I., Nurmala, A., Fitrianti, N., Maryatul Kiptiyah, S., & Negeri Semarang, U. (2024). Analisis Karakter Kerja Sama pada Kegiatan Piket Kelas IV SD Kanisius Berdasarkan Konsep Thomas Lickona. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(5), 465–474. https://doi.org/10.5281/zenodo.11498343

Fadhlurrahman, M. A. (2023). pengaruh program adiwiyata terhadap sikap peduli lingkungan siswa.

Faslia, F., Irwan, I., Agus, J., Syahirah, Y., & Rizwan, L. O. (2023). Edukasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab dan Rasa Hormat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 4(1), 14–21. https://doi.org/10.31004/abdidas.v4i1.743

Fauziah, Z. (2024). Pembagian Jadwal Piket untuk Menumbuhkan Sikap Cinta Lingkungan di Sekolah Dasar. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/zulianifauziah6731/671a70f334777c13cc3e6bc8/pembagian-jadwal-piket-untuk-menumbuhkan-sikap-cinta-lingkungan-di-sekolah-dasar?form=MG0AV3

Febriani, V. (2022). hubungan pengetahuan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan siswa sd muhammadiyah 6 pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 43–51. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.33

Geograf. (2024). Pengertian Kepedulian. https://geograf.id/jelaskan/pengertian-kepedulian/?form=MG0AV3

Haryadi, D. (2021). manajemen program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di smp pangudiluhur sedayu. jurnal inovasi dan manajemen pendidikan, 1(1), 25. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4145

Indahwati, D. (2021). studi implementasi penerapan program adiwiyata untuk membentuk perilaku peduli lingkungan di kalangan siswa.

Indriani, R., Syahrilfuddin, S., & Guslinda, G. (2020). hubungan persepsi siswa terhadap program adiwiyata dengan sikap peduli lingkungan di kelas v sd negeri 110 pekanbaru. primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7364

Istiqomah. (2019). Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di MAN-1 Pekanbaru Sebagai Sekolah Adiwiyata. Jurnal Dinamika Lingkungan, 6(2), 97.

Kadorodasih. (2021). implementasi pendidikan lingkungan hidup melalui program adiwiyata di sd n giwangan yogyakarta the implementation of environmental education through adiwiyata program in elementary school of giwangan yogyakarta.

Kementerian Lingkungan Hidup, K. P. dan K. (2013). Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Kementerian Lingkungan Hidup Kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, P. A. (2012). Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Tim Adiwiyata.

Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, L. I. P. M. L. H. R. I. (2013). Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Kristiawan, A., Kurniawati, K. dan J. A., Gunawan, I., & F.Yo, J. A. (2021). pengaruh pengalaman berbelanja onlineterhadap keputusanpembelian pelanggan (segmen : mahasiswa fakultasekonomi universitas kristen maranathapelanggan shopeedan jd.id).

Nugraheni, & Rini AS. (2015). Pengaruh Contextual Teaching and Learning(CLT) terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV di SD Negeri Selang Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan, 14, 4.

Nugroho, D. D. B., & Muhroji, M. (2022). Budaya Sekolah dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6301–6306. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3233

Prof. Zulrizka. (2012). Psikologi lingkungan Metode dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Puspa, L. (2020a). Profil Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 36–37.

Puspa, L. (2020b). Profil Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 38.

Qodriyanti, A., Yarza, H. N., Irdalisa, I., Elvianasti, M., & Ritonga, R. F. (2022). analisis sikap peduli lingkungan siswa di salah satu man pada materi pelestarian lingkungan. jurnal eksakta pendidikaN (JEP), 6(1), 111–116. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/643

Ramadhan, S., & Ramli, Y. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina. Journal of Fundamental Management (JFM), 4(1), 125. https://doi.org/10.22441/jfm.v4i1.17931

Retnasari, L. (2021). implementasi program adiwiyata ditinjau dari aspek kegiatan berbasis partisipatif di sd n serayu. primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8205

Saputri, R. A. (2019). implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan siswa sd bakalan kecamatan sewon kabupaten bantul implementationof character educationenvironmental carestudents bakalan elementary school sewon sub-district bantul districts. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 15).

Setiawati, I., & Susanto, R. (2024). Pengaruh penerapan program adiwiyata terhadap sikap kepedulian lingkungan pada siswa sekolah dasar.

Sujana, K., Hariyadi, S., & Purwanto, E. (2018). hubungan antara sikap dengan perilaku peduli lingkungan pada mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 5(2), 81. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i2.5026

Suryani, N., & Dafit, F. (2022). implementasi program adiwiyata di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 415–423. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50730

Syafitri, N., Alfiah, Muslim, Akmal, & Roswati. (2022). Hubungan Adiwiyata dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang.

Widianingrum. (2021). sikap peduli lingkungan peserta didik di sekolah.

Yusnidar, T., Liesnoor, D., & Banowati, E. (2015). peran serta warga sekolah dalam mewujudkan program adiwiyata di smp wilayah semarang barat Info Artikel. In JESS (Vol. 4, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess

Yusra, Z., & Zulkarnain, R. (2021). pengelolaan lkp pada masa pendmik covid-19. Zhara Yusra / Journal Lifelog Learning, 4(1), 15–22.

Zuhdi, D. (1995). Pembentukan Sikap. Depok: Cakrawala Pendidikan Nomer 3.

  Browse
  • Dosen 23
  • Skripsi 42
  • Pengguna 192

  Account