STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UMKM MUNCAR MONCER DI DUSUN BLAWONG KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG
Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2023
AL ATIF MUNANISA
Pembimbing
- Pembimbing 1 : Salimah, S.Pd, M.Si.
- Pembimbing 2 : DR. M. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H
Penguji
- Penguji 1 : Ginanjar Suendro, S.E, M.M
- Penguji 2 : Yudho Purnomo, S.E, MM
- Penguji 3 :
URL
No | Jenis File | File |
---|---|---|
1 | File Komplit | Lihat File |
ABSTRAK
ABSTRAK
Usaha mikro kecil menengah mempunyai peran penting dalam pembangunan perekonomian di Indonesia. Sebagai pelaku bisnis dalam menjalankan usaha di usaha mikro kecil dan menengah harus memiliki strategi pemasaran yang baik, sehingga dapat mencapai target yang telah direncanakan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam menjalankan UMKM adalah melalui strategi digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi digital marketing di Dusun Blawong Kulon Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Menggunakan teknik observasi dan wawancara, dimana informan yang diwawancarai sebanyak 3 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang dilakukan oleh para pelaku UMKM Muncar Moncer adalah berupa pemasaran menggunakan offline dan online. pemasaran offline merupakan pemasaran menggunakan cara tradisional sedangkan online merupakan pemasaran menggunakan digital marketing. UMKM digital marketing tentunya memiliki dampak positif seperti semakin banyaknya orang yang mengenal produk tersebut tetapi juga dalam menjalankan digital marketing ada kendala seperti jaringan yang tidak stabil dan masih sering mati listrik. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Digital Marketing dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Keyword : Marketing Strategy, Digital Marketing and Micro, Small and Medium Enterprises
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR PUSTAKA
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Al Buchori, dkk. 2020. Layanan Pesan Antar, Promosi, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Papa Ron’s Pizza Surakarta. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Batik Surakarta. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah. Vol.18, No.3, Juli 2020. ISSN:2085-2215.
Assauri, S. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Assauri, S. (2008). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta:
Rajawali Pers.
Beik, I. S. (2016). Ekonomi Pembangunan Syariah, Edisi I. Jakarta: Rajawali Pers Bekti, H. B. 2015. Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS
dan JQuery. Yogyakarta: Andi.
Chaffey, D. (2002), E-Businessand E-Commerce management, Prentice
Hall,PearsonEducationLimited London
Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled
interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, Creswell, John W. 2014. Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed.
Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers. Fandy Tjiptono,. 2008. Manajemen Jasa. Penerbit Andi Edisi Kedua : Yogyakarta Jamil, M. S. (2021). Perilaku Konsumen: Teori dan Aplikasinya dalam Pemasaran.
Penerbit XYZ
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 14). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing (17th Edition). New York:
Pearson Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson. Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson. Kurtz, D. L. (2008). Principles of Contemporary Marketing (12th ed.). South-
WesternCengage Learning
Lamb, Hair, & McDaniel. 2001. Pemasaran. Jakarta : Selemba Empat.
Manullang, S. (2021). Strategi Menumbuhkan Semangat dan Kreativitas Digital
Marketing di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(3),
1-10. https://doi.org/10.58258/jis.v5i3.2927
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya:
Bandung.
Partomo, T. S., & Soejoedono, A. R. (2004). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan
Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Polancik, Gregor. (2009) Emperical Resereach Method Poster. Jakarta: Rahim Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Pengantar Bidang Penelitian.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwanto, H. (2011). Kajian Ekonomi Mikro Bali. PNPM Mandiri Perkotaan Radiosunu. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.Republik
Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.
Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia.
Sanjaya, Ridwan. Josua Tarigan. (2009). Creative Digital Marketing Teknologi
berbiaya Murah, Inovatif dan Berdaya hasil gemilang. Jakarta: P.T Alex Media
Komputindo
Soeyanto, E. (2010). "Strategi Pemasaran." Jakarta: Penerbit Andi. Halaman 101. Soeyanto, E. (2010). Manajemen Pemasaran: Strategi dan Implementasi. Penerbit
[Nama Penerbit
Susetyo, Y., Nurkhasanah, S., & Jamil, M. S. (2023). Pengaruh Kualitas dan Harga Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Produk UMKM Simbok Bawang Goreng. Jurnal E-Logis, 6(1). https://doi.org/10.70375/e-logis.v6i1.57
Swasta, & Stanton, W. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2017. Pemasaran Strategik. Edisi Ketiga.
Yogyakarta: Andi.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah Wardhana, B. (2018). Peran Pemanfaatan Platform Digital dalam Meningkatkan
Pemasaran Usaha. Jurnal Bisnis dan Teknologi, 5(2), 112-125.
Wibowo, A. (2015). Manajemen Strategi: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Rajawali
Pers.
Wilantara, R. F., Indrawan, R. (2016). Strategi dan Pebijakan Pengembangan Umkm.
Bandung: Refika Aditama