Strategi Pemasaran Giving Discount dalam Meningkatkan Penjualan Produk Bangunan di CV. Sinar Mas Agung Kota Semarang
Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2023
DIKA HUMA AGUSTIN
Pembimbing
- Pembimbing 1 : DR. M. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H
- Pembimbing 2 : DR. Sodikin S.Ag, M.M
Penguji
- Penguji 1 : Ginanjar Suendro, S.E, M.M
- Penguji 2 : Drs. Dirgo Wahyono M.Si
- Penguji 3 :
URL
No | Jenis File | File |
---|---|---|
1 | File Komplit | Lihat File |
ABSTRAK
Adanya fenomena kinerja penjualan pada CV. Sinar Mas Agung, perlu menjadi perhatian
manajemen untuk melakukan evaluasi atas faktor-faktor yang menjadi predictor dan
berkontribusi pada kinerja penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak
strategi pemasaran giving discount terhadap kinerja penjualan di CV. Sinar Mas Agung.
Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mencapai tujuan penelitian tersebut.
Data dikumpulkan melalui teknik wawancara terhadap lima informan, yang berasal dari
HRD, kepala gudang, kepala mandor, admin penjualan, konsumen. Content analysis
digunakan untuk menganalisis data sesuai fokus penelitian.
Hasil penelitian menginformasikan dalam mengukur stretegi pemasaran discount untuk
meningkatkan penjualan produk bangunan, sebagai bentuk untuk dapat mengetahui
pencapaian yang sudah dilakukan pada CV. Sinar Mas Agung selama ini. Strategi
pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan perusahaan harus disesuaikan
dengan kondisi dan situasi perusahaan agar dapat mencapai hasil yang diinginkan agar
dapat menerapkan giving discount, namun kinerja penjualannya belum signifikan dalam
strategi pemasaran. Cara yang tepat untuk memecahkan masalah dalam strategi pemasaran
dengan menggunakan diskon untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini
mengaplikasikan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, serta menggunakan metode
analisis deskriptif, yaitu penulis menekankan pada seluruh strategi pemasaran dengan
memberikan diskon untuk meningkatkan penjualan di CV. Sinar Mas Agung. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan, wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Pola deskriptif merujuk pada metode penelitian yang berupaya untuk
menggambarkan objek sesuai dengan kenyataan atau kondisi yang ada. Strategi pemasaran
potongan harga dapat berdampak signifikan pada peningkatan penjualan, terutama dalam
jangka pendek. Potongan harga yang menarik mampu mendorong konsumen untuk segera
melakukan pembelian, meningkatkan volume penjualan, dan menarik pelanggan baru.
Selain itu, strategi ini dapat membantu mengurangi stok barang. Namun, untuk memastikan
dampak positif jangka panjang, perusahaan harus berhati-hati agar diskon tidak merusak
persepsi nilai produk atau mengurangi margin keuntungan secara berlebihan. Jika
dilakukan dengan strategi yang tepat, potongan harga dapat menjadi alat efektif untuk
mempercepat pertumbuhan penjualan.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Giving Discount, Penjualan Produk.
Keyword : Strategi Pemasaran, Giving Discount, Penjualan Produk.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, M. I., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. (2021). Strategi Pemasaran Produk
Indihome PT. Telekomunikasi Manado. Productivity, 2(1), 63–68.
Afifah Yuliarahma, & Andri Nurtantiono. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Price
Discount, Package Bonuses Dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Pada
Produk Oriflame. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(4), 441–452.
https://doi.org/10.53625/juremi.v2i4.4451
Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga
Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49–61.
https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243
Ahmad Refaldi, Kurniaty Kurniaty, & Abdul Kadir. (2023). Pengaruh Promosi, Potongan
Harga Dan Pelayanan Terhadap Volume Penjualan (Studi Pada PT. Sumber Alfaria
Trijaya) Alfamart. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 1(4), 172–182.
https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i4.714
Ameliany, N., Ritonga, N., & Nisak, H. (2022). Strategi Pemasaran Budidaya Ikan Lele
Pada Ud Karya Tani Di Kota Lhoksuemawe. Jesya, 5(2), 1527–1534.
https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.709
Amilia, E., Joy, B., & Sunardi, S. (2016). Residu Pestisida pada Tanaman Hortikultura
(Studi Kasus di Desa Cihanjuang Rahayu Kecamatan Parongpong Kabupaten
Bandung Barat). Agrikultura, 27(1), 23–29.
https://doi.org/10.24198/agrikultura.v27i1.8473
Andespa, R. (2017). Pengaruh Budaya Dan Keluarga Terhadap Minat Menabung Nasabah
Di Bank Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 35–49.
https://core.ac.uk/download/pdf/229197531.pdf
Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi
Pemasaran Digital : Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era
Digital. JIMAT: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155–166.
https://journal.stieamsir.ac.id/index.php/abrj/article/view/405
Arma, A., Ferdinand, A. T., & Rahardjo, S. T. (2017). 13908-35846-1-Pb. Jurnal Sains
Pemasaran Indonesia, XVI(1), 1–16.
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021).
Analisis Peran Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal
Pendidikan Tembusai : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 5(3), 8920–
8928. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2400