PENGARUH SISTEM PEMBAYARAN QRIS TERHADAP PENDAPATAN UMKM MELALUI PERILAKU KONSUMEN (STUDI KASUS PADA UMKM DI KOTA SEMARANG)
Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2025
Muhammad Alfian Maulana
Pembimbing
- Pembimbing 1 : Ginanjar Suendro, S.E, M.M
- Pembimbing 2 : Yani Susetyo, S.E, M.Si
Penguji
- Penguji 1 :
- Penguji 2 :
- Penguji 3 :
URL
| No | Jenis File | File |
|---|---|---|
| 1 | File Komplit | Lihat File |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem pembayaran QRIS terhadap perilaku konsumen dan pendapatan UMKM di Kota Semarang, serta peran perilaku konsumen sebagai variabel intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembayaran QRIS memiliki dampak positif terhadap perilaku konsumen karena kemudahan penggunaan, keamanan transaksi, dan tidak adanya biaya tambahan bagi konsumen. Selain itu, QRIS juga berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan UMKM melalui kemudahan promosi, integrasi dengan e-wallet, dan peningkatan frekuensi transaksi.
Perubahan perilaku konsumen dalam beradaptasi dengan transaksi digital juga terbukti meningkatkan pendapatan UMKM, didukung oleh faktor akses pasar yang lebih luas dan pemanfaatan media sosial dalam keputusan pembelian. Perilaku konsumen berperan sebagai variabel intervening yang memperkuat hubungan antara sistem pembayaran QRIS dan pendapatan UMKM, dengan faktor utama berupa kemudahan transaksi, efisiensi waktu, serta pengurangan risiko penipuan.
Berdasarkan temuan ini, disarankan agar UMKM meningkatkan pemahaman dan edukasi terkait penggunaan QRIS, memanfaatkan media sosial untuk promosi, serta menerapkan langkah- langkah keamanan transaksi digital. Selain itu, pemerintah dan lembaga keuangan diharapkan dapat memperluas sosialisasi serta memberikan insentif guna meningkatkan adopsi QRIS di kalangan UMKM. Dengan demikian, penerapan QRIS yang optimal dapat mendorong pertumbuhan bisnis UMKM dan meningkatkan daya saing di era digital.
Keyword : QRIS, Perilaku Konsumen, Pendapatan UMKM, Sistem Pembayaran Digital, UMKM Semarang.
DAFTAR PUSTAKA
Allo, D. L. (2023). Analisis Rasio Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT XYZ. Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan.
Azizah Ayu Lestari, T. S. (2022). Pengaruh Teman Sebaya dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lip Cream. Jurnal Sinar Manajemen.
Edo Setiawan, H. M. (2024). Penerapan Pembayaran QRIS untuk Meningkatkan Transparansi Pengelolaan Keuangan UMKM di Kota Gorontalo. Jurnal Studi Ekonomi dan Pembangunan {JSEP}.
Erinda Sulistiana, E. S. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan QRIS Terhadap Perilaku Konsumsi Mashasiswa Program Studi Ekonomi Angkatan 2021 Di Universitas Nurul Jadid. BISMA (Business and Management Journal).
Estiningrum, R. A. (2021). Prefrensi Mahasiswa Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard QRIS sebagai teknologi Pembayaran. Motivasi.
Fatma Hairani, R. D. (2024). Pengaruh Penggunaan QRIS untuk Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pembayaran UMKM di Medan. Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 166-171.
Ibrahim, I. S. (2022). Pengaruh Pendapatan Usaha dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih PT Putra Teknindo Inspection Pekanbaru. Ekonomika45.
Indriyani Dwi Putri, K. A. (2024). Dampak Alat Pembayaran QRIS Terhadap Omzet Penjualan Pedagang Kuliner. Treding Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen.
Johan Rohadi, A. A. (2023). Pengaruh Penggunaan QRIS Terhadap Perilaku Konsumen.
Jurnal Pendidikan Tambusai.
Joko Samboro, M. H. (2023). Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Xiaomi. Upa Jiwa Dewantara.
Khasanah, I. M. (2024). Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi dan Laba Bersih dalam Memprediksi Arus Kas di Masa Mendatang. Jurnal Ekonomi Bsnis, Manajemen dan Akuntansi (Jebma).
Komang Erlita, L. S. (n.d.).
Komang Erlita, L. S. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan Penggunaan, Dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Quick Response Code Indosian Standard (QRIS) (Studi Pada Generasi Z di Provinsi Bali). VJRA.
Kristanty, D. N. (2024). Tren dan Tantangan Keamanan Bertransaksi dengan QRIS dalam Era Transformasi Sistem Pemayaran Digital. Adkmiration.
89
M Sholeh Mauludin, A. D. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transasksi Di e- Commercee. Febi.
Mike Yolanda, S. A. (2024). PENGARUH QRIS (QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD) SEBAGAIMETODE PEMBAYARAN KONSUMEN PADA HIGH PRICE PRODUCT, STUDIKASUS KOTA PADANG. Menara Ekonomi.
Muchlis Abbas, A. M. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Toko Sulawesi Soppeng. Metansi "Manajemen dan Akuntansi".
Muhammad Fanhas Ahnaf, W. D. (2024). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Online di Aplikasi Shopee. Jurnal Lentera Bisnis.
Nadhifa Alifia, E. P. (n.d.). Analisis Penggunaan QRIS Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE)).
Nadhifa, E. P. (n.d.). Analisis Penggunaan QRIS Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi.
Okto Nopita Girsang, N. E. (2024). Pengaruh Media Sosial, Kepercayaan, dan citra merkTerhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commercee Bukalapak di Kota Batam. eCo-Buss.
Prof. Dr. Amiruddin Tawe, M. &. (2022). Analisis Statistik Parametrik. Makasar: Yayasan Khalifah Mandiri.
Sholoihin, U. (2024). Meningkatkan daya saing pasar UMKM Melalui Tranformasi DigitalD. Digital Bisnis Jurnal PublikasiIlmu Manajemen dan E-Commercee.
Solihin, A. I. (2013). Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarka: Gramedia Pustaka Utama. Suhardi, A. V. (2023). Teori Akuntansi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Tazkiyah, F. D. (2024). Dampak Sistem Pembayaran Non Tunai Terhadap Permintaan Uang di Indonesia. Media Akademik (JMA).