PENGARUH LOKASI, KEBERAGAMAN PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PASAR TRADISIONAL ADIWINANGUN NGADIREJO TEMANGGUNG

Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2024

Rheikhan Akbar


Pembimbing

  • Pembimbing 1 : Drs. Dirgo Wahyono M.Si
  • Pembimbing 2 : DR. M. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H

Penguji

  • Penguji 1 : Ginanjar Suendro, S.E, M.M
  • Penguji 2 : DR. Sodikin S.Ag, M.M
  • Penguji 3 :

URL
No Jenis File File
1 File Komplit Lihat File
ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Lokasi, keberagaman produk, Harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada pasar Adiwinangun ngadirejo Temanggung. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari : Lokasi (X1), Keberagaman produk (X2), Harga (X3) dan Kualitas Pelayanan (X4) sebagai variabel independen, dan Keputusan Pembelian sebagai variabel dependen (Y). Seluruh variabel diukur dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 98 responden. Pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan garis regresi sebagai berikut :Y = 7,616+ 0,073X1 + 0,083X2 + 0,152X3 + 0,422X4 + ε. Nilai R (Koefisien Korelasi) yang diperoleh sebesar 0,725 atau 72,5% dan nilai R Square (Koefisisen Determinasi) sebesar 0,526 atau 52,6%. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial harga dan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan lokasi dan keberagaman produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara bersama-sama (Simultan) terbukti bahwa lokasi,keberagaman produk, Harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli.


Keyword : Pasar tradisional, lokasi, keberagaman produk, harga, kualitas pelayanan, keputusan pembelian.

DAFTAR PUSTAKA

  Browse
  • Dosen 23
  • Skripsi 42
  • Pengguna 192

  Account