PENGARUH KEPUASAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KAFE DI KECAMATAN KOTA, KOTA KEDIRI
Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2023
VIDYASANA VIVEKA VIRA PAKSI PUTRI VIENTYA
Pembimbing
- Pembimbing 1 : DR. M. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H
- Pembimbing 2 : DR. Sodikin S.Ag, M.M
Penguji
- Penguji 1 : Salimah, S.Pd, M.Si.
- Penguji 2 : Yudho Purnomo, S.E, MM
- Penguji 3 :
URL
No | Jenis File | File |
---|---|---|
1 | File Komplit | Lihat File |
ABSTRAK
Kepuasan kerja karyawan, motivasi kerja dan komitmen organisasi berpengaruh penting terhadap kualitas layanan yang diberikan. Disisi lain atasan menuntut karyawan untuk berkomitmen dan bekerja dengan baik tanpa memperhatikan kepuasan kerja dan motivasi kerja yang diberikan. Bagi karyawan yang masih bertahan kemungkinan masih ingin bekerja karena kebutuhan dan bekerja tanpa ada rasa puas dan termotivasi untuk lebih maju.
Berdasarkan uraian diatas penelitian ini mengambil lokasi di Kafe yang ada di Kecamatan Kota, Kota Kediri, dimana populasi responden sebanyak 75 orang. Kafe ini bergerak dalam bidang minuman dan juga makanan dimana secara tidak langsung karyawan setiap hari nya berinteraksi dengan customer. Dimana kepuasan kerja karyawan, motivasi kerja dan komitmen organisasi diharapkan berpengaruh positif untuk keberhasilan suatu bisnis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan, Komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan. Kepuasan kerja, motivasi kerja dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan secara simultan
Keyword : Kepuasan kerja, motivasi, Komitmen organisasi dan kualitas layanan
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, & C. (2022). Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi.
Adhiputra, M. W. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kualitas Layanan Hotel. Business Management Journal, 11(2), 120–139. https://doi.org/10.30813/bmj.v11i2.628
Ady, A., Indayani B, & Zulfadhli Lutfi A Lopa. (2022). Pengaruh Kompetensi Dan Kepuasan Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Museum Mandar Majene. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 4(2), 99–105. https://doi.org/10.31605/jepa.v4i2.1619
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). pengaruh Meaningful Work, Sense of Community dan Alignment with Organization Values terhadap Komitmen Afektif. July, 1–23.
Amilin, M. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Anggota di Koperasi Syari’ah Serba Usaha Harum Dhaha Kediri. Universitas Diponegoro, 53(9), 1689–1699.
Andhini, N. F. (2017). Hubungan antara Komitmen Organisasi dan Kompetensi dengan Totalitas Kerja di Divisi Munisi PT. Pindad (Persero) Turen- Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 7.
Dian, W. (2011). Universitas Kristen Petra Surabaya. Dimensi Interior, 8(1), 44–51. publication.petra.ac.id/index.php/sastra-tionghoa/article/view/121
Economics, P., Khaldoon, A., Ahmad, A., Wei, H., Yousaf, I., Ali, S. S., Naveed, M., Latif, A. S., Abdullah, F., Ab Razak, N. H., Palahuddin, S. H., Tasneem Sajjad , Nasir Abbas, Shahzad Hussain, SabeehUllah, A. W., Gulzar, M. A., Zongjun, W., Gunderson, M., Gloy, B., Rodgers, C., Orazalin, N., Mahmood, M., … Ishak, R. B. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT HERBA PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA. In Corporate Governance (Bingley) (Vol. 10, Issue 1).
Fairus. F. (2020). Strategi penelitian. Jurnal Online Mahasiswa, 4(1), 1–9.
Febriansyah, I. B., & Puspitadewi, N. W. S. (2021). Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasi pada PT.X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 154–165.
Febrianty Br Silalahi, D., & Laia, K. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Layanan Pada Kantor Camat Merek Kabupaten Karo. Jurnal Global Manajemen, 10(1), 127. https://doi.org/10.46930/global.v10i1.1783
Haris, H. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap
Kualitas Layanan Di Pt. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi Dan Ritel Bandung. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(2), 135–151. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i2.5513
Jossuha, Y. I., Kartika, E. W., & Hariyanto, A. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Kinerja Karyawan Fave Hotel Mex Surabaya. Methods and Applications Using the WarpPLS, 1–12.
Jurnal 9 KD. (n.d.).
Murtadho, M. S. (2021). Analisis Kompensasi, Kesehatan, Dan Keselamatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Cv Nsr Ac Mobil Sidoarjo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Narulita, R., & Charina, A. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Bumi Saba Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(2), 268–276. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.02.5
Ningtyas, M. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian industri manufaktur. Metode Penelitian, 32–41.
Novel, R. (2018). Kualitas Layanan Di Perusahaan Fitness Surabaya. Jurnal AGORA, 6(2).
Parwita. (2014). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Dan Disiplin Kerja. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 8.2(3), 91–101.
Puspitawati, N. M. D., & Riana, I. G. (2014). Pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional dan kualitas layanan. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(No 1), 68–80.
Rizky, M. (2022). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi : Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja & Budaya Organisasi (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 290–301. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.832
Robin. (2008). Perilaku Organisasi. 2, 66.
Roy, R., Hakim, L., & Tahir, N. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dikantor Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. JPPM: Journal of Public Policy and Management, 2(2), 75–84. https://doi.org/10.26618/jppm.v2i2.4566
Selviana Lie, E. (2014). Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Bank Ntt. 4(2), 12–18.
Stefani, F. (2009). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada pelanggan Carrefour Plaza Ambarukmo Yogyakarta). International Journal of Trade, Economics and
77
Finance, 53(9), 1689–1699.
Supendi, P., & Rahadian, A. H. (2021). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMPETENSI PEGAWAI Program Studi Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Administrasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI , Indonesia. 1(2), 132–145.
Suwoko, R. S. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kualitas Layanan p pada ada PT . Matahari. 4(1), 219–229.
Syahbarka, H. J. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan investigasi matematis siswa kelas vii. 1–84.
Talle, A. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Katalogis, 4(4), 201–210.
Utari, N. L. M., & Heryyanda, K. K. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Edie Arta Motor. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 1–9.
Wibowo. (2003). KAJIAN TEORI A. Kajian Teori 1. Kepuasan Kerja a. Pengertian Kepuasan Kerja Setiap orang yang bekerja mengharapkan mem PDFeprints.uny.ac.id › ... 13–49.
Widayati, C., Magito, & Triana, R. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 1(1), 15–25. https://doi.org/10.59832/jpmk.v1i1.6
WIJAYA, D. F. (2021). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, BEBAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Kasus pada Karyawan Perumda Dharma Jaya). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.