PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA OUTLET ES CREAM MIXUE TANAH MAS SEMARANG
Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2024
Fanita Uliana
Pembimbing
- Pembimbing 1 : DR. M. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H
- Pembimbing 2 : Ginanjar Suendro, S.E, M.M
Penguji
- Penguji 1 : Drs. Dirgo Wahyono M.Si
- Penguji 2 : Yani Susetyo, S.E, M.Si
- Penguji 3 :
URL
| No | Jenis File | File |
|---|---|---|
| 1 | File Komplit | Lihat File |
ABSTRAK
Kepuasan konsumen adalah perasaan puas atau tidak puas yang dialami oleh konsumen setelah menggunakan atau mengonsumsi produk atau jasa. Kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas produk, harga produk, pelayanan yang diberikan, kesesuaian produk atau jasa dengan kebutuhan konsumen. Obyek penelitian ini adalah konsumen Es Cream Mixue Tanah Mas Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa pengaruh citra merek, kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Es Cream Mixue Tanah Mas Semrang.
Populasi dan sampel riset ini yaitu para konsumen Es Cream Mixue Tanah Mas Semarang yang berjumlah 75 orang. Teknik sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Teknik sampling incidental. Jenis datanya adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan sebelumnya dilakukan pengujian instrument (validitas dan reliabilitas).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, serta citra merek, kualitas layanan, kualitas produk secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen
Keyword : Citra Merek, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen
DAFTAR PUSTAKA
Bastian, D. A. (2014). Analisa pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) ades pt. ades alfindo putra setia. Jurnal Strategi Pemasaran. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1391
Disastra, D. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Journal Strategy of Management and Accounting …. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/article/view/1702
Efendi, N., & Lubis, T. W. H. (2022). Analisis pengaruh citra merek, promosi, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen ritel. In Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. academia.edu. https://www.academia.edu/download/99342234/392.pdf
Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & ... (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. … Manajemen, Ekonomi, & …. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/270
Geraldine, YM. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Media Sosial Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Brand Wardah. POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. ejournals.umma.ac.id; 2021;. Available from: http://ejournals.umma.ac.id/index.php/point/article/view/880
Haryono, N., & Octavia, R. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan mutu layanan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya terhadap loyalitas
konsumen. Jurnal: Industri Elektro Dan Penerbangan. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/indept/article/view/139
Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. repository.kalbis.ac.id. http://repository.kalbis.ac.id/bitstream/123456789/700/1/JRMB Vol 3 No 1 Feb 2018.pdf
Megawati, Y. Kualitas pelayanan terkait dengan kepuasan konsumen dalam industri jasa. Business Management Journal. journal.ubm.ac.id; 2017;. Available from: https://journal.ubm.ac.id/index.php/business-management/article/view/589
Novia, MA, Semmaila, B, Imaduddin, I. Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola. pasca-umi.ac.id; 2024;. Available from: http://pasca-umi.ac.id/index.php/tata/article/view/174
Raharja, C. L. M., & Aksari, N. M. A. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Dalam Membangun Ekuitas Merek. Udayana University.
Saputri, I. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. SEIKO: Journal of …. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/2337
Saridewi, D. O., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi …. https://journal.laaroiba.com/index.php/alkharaj/article/view/1072
Subagja, I. K., & Hakim, A. (2020). Pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen hotel grand candi semarang. In Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. academia.edu. https://www.academia.edu/download/98020178/pdf.pdf
Sulistyawati, P. (2011). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop merek acer di kota semarang. eprints.undip.ac.id. http://eprints.undip.ac.id/26500
Setiawaan, SA. Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Produk Busana Muslim Elzatta. eprints.perbanas.ac.id; 2021;. Available from: http://eprints.perbanas.ac.id/8605/
Tanady, ES, Fuad, M. Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen. jurnal.kwikkiangie.ac.id; 2020;. Available from: http://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JM/article/view/663
Wicaksono, RA, Octavia, AN, Aprianto, MS. Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian indomie di semarang. Solusi. 2023;