PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND ASSOCIATION, BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL AQUA 300 ML DI SWALAYAN ANEKA JAYA SAMBIROTO SEMARANG
Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2024
Slamet untung Urip
Pembimbing
- Pembimbing 1 : DR. Sodikin S.Ag, M.M
- Pembimbing 2 : Yudho Purnomo, S.E, MM
Penguji
- Penguji 1 : Ginanjar Suendro, S.E, M.M
- Penguji 2 : Drs. Dirgo Wahyono M.Si
- Penguji 3 :
URL
| No | Jenis File | File |
|---|---|---|
| 1 | File Komplit | Lihat File |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Brand Image, Brand Association, dan Brand Trust terhadap keputusan pembelian air mineral merek Aqua di Swalayan Aneka Jaya, Sambiroto, Semarang. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar mereka.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang membeli air mineral Aqua di Swalayan Aneka Jaya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Konsumen cenderung memilih Aqua karena citra merek yang kuat dan terpercaya. Brand Association juga memiliki pengaruh positif, di mana asosiasi merek yang baik seperti kualitas, kebersihan, dan ketersediaan berkontribusi dalam meningkatkan minat pembelian. Selain itu, Brand Trust berperan penting dalam membangun kepercayaan konsumen, yang akhirnya berdampak pada keputusan pembelian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ketiga variabel, yaitu Brand Image, Brand Association, dan Brand Trust, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air mineral Aqua di Swalayan Aneka Jaya. Oleh karena itu, perusahaan perlu terus meningkatkan citra merek, memperkuat asosiasi merek yang positif, serta membangun kepercayaan konsumen guna mempertahankan loyalitas pelanggan.
Keyword :
DAFTAR PUSTAKA
Andini, P. (2010). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Endorser, Brand Image, dan Trust / Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Suatu Produk” (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Jakarta Tolak Angin Cair). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2009). Marketing An Introduction (8th ed.). Pearson Prentice-Hall.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Gramedia Pustaka.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
Green, S. B. (1991). How Many Subjects Does It Take To Do A Regression Analysis? Multivariate Behavioral Research, 26(3), 499–510. https://doi.org/10.1207/s15327906mbr2603_7
Humdiana. (2005). Analisis Elemen-Elemen Merek Produk Nokia. Journal of Marketing Manajemen, 12(1).
Juniarty, S. (2012). Analisis Pengaruh Brand Association Terhadap Loyalitas Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Handphone Merek Nokia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas. Jurnal Ekonomi.
Keller, K. L. (2008). Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity (Third). Pearson International Edition.
Laksono, A. W., & Suryadi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management …. https://mail.holistic.ubb.ac.id/index.php/holistic/article/view/1804
Larika, W., & Ekowati, S. (n.d.). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE OPPO.
Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers Trust in a Brand and Link to Brand Loyalty. Journal of Market-Focused Management, 4, 341–370.
Martinez, E., & Pina, J. M. (2003). The Negative Impact of Brand Extension on Parent Brand Image. Journal of Product & Brand Management, 12(7), 432–448.
Schiffman, & Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen (Kedua). PT. Indeks Gramedia.
Semuel, H., & Lianto, A. S. (2014). Analisis eWom, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 7–54.
Sudirman, R., Salfadri, ;, Tifani, ;, Firdaus, R., Ekonomi, F., & Manajmen, P. (2022). THE INFLUENCE OF QUALITY OF SERVICE AND PROMOTION OF CUSTOMER SATISFACTION OF d’Dhave HOTEL PURUS PADANG. MARET, 4(1), 201–214.
Tusanputri, A. V, & Amron, A. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian. Forum Ekonomi. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/view/10213
Umar, H. (2005). Metode Penelitian untuk Tesis dan Bisnis. Grafindo Persada.