DETERMINASI STRATEGI BISNIS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TX STIKER LEYANGAN KABUPATEN SEMARANG
Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2025
Danur Widayanto
Pembimbing
- Pembimbing 1 : Drs. Sugiarto, S.E, M.Si
- Pembimbing 2 : Yudho Purnomo, S.E, MM
Penguji
- Penguji 1 : DR. Sodikin S.Ag, M.M
- Penguji 2 : DR. M. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H
- Penguji 3 :
URL
| No | Jenis File | File |
|---|---|---|
| 1 | File Komplit | Lihat File |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh determinasi strategi bisnis terhadap loyalitas pelanggan pada TX Stiker Leyangan, Kabupaten Semarang. Strategi bisnis dalam penelitian ini difokuskan pada tiga variabel utama, yaitu Variasi Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Lokasi Bisnis (X3), yang dihipotesiskan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden pelanggan TX Stiker Leyangan. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.
Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan strategi bisnis yang tepat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, yang pada akhirnya dapat menunjang keberlangsungan dan pertumbuhan usaha. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi praktis bagi pengelola TX Stiker Leyangan dalam merancang strategi bisnis yang lebih efektif.
Keyword : Strategi Bisnis, Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Lokasi Bisnis, Loyalitas Pelanggan
DAFTAR PUSTAKA
Amalia, S. W., Rijal, A., & Hamzah, H. (2024). PENGARUH SOSIALISASI PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI …. Jurnal Revenue …. https://www.revenue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/451
Aridzki, A. N., Dalimunthe, F., & ... (2024). PENGARUH LOKASI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN BAKSO BAKAR JUMBO ANTUM ARSYA DI JL. TEMPULING MEDAN, SUMATERA …. Jurnal Ilmiah …. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/view/1773
Ariyani, A., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen. http://journal.admi.or.id/index.php/JEKMA/article/view/710
Aziz, A. I. I. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT USAHA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA UNIT USAHA PONDOK PESANTREN …. eprints.uinsaizu.ac.id. https://eprints.uinsaizu.ac.id/18070/1/Ibnu Aziz Al ikhsan_Strategi pengembangan unit usaha dalam meningktatkan volume penjualan %28Studi kasus pada unit usaha Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto%29.pdf
Budi, P. (n.d.). Peer Review-PENGARUH MODAL, LAMA USAHA, JAM KERJA DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR LANDUNGSARI. Repository.Unitri.Ac.Id. http://repository.unitri.ac.id/876/1/peer review 1 2 B. Prihatminingtyas.pdf
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications. https://cumming.ucalgary.ca/sites/default/files/teams/82/communications/Creswell 2003 - Research Design - Qualitative%2C Quantitative and Mixed Methods.pdf
Darmawan, A., Sugiyono, A., Liang, J., Tokimatsu, K., & ... (2017). Analysis of Potential for CCS in Indonesia. Energy Procedia. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1876610217320878
Dewana, M. R. G. (2023). PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG TERHADAP KEPUASAN …. repositori.unimma.ac.id. http://repositori.unimma.ac.id/4059/1/19.0101.0085_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Erica, D., & Rasyid, H. Al. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Di Jakarta. Jurnal Perspektif. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/3893
Firdiansyah, D., & Prawoto, E. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Dan Variasi Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian. Journal of Economic, Business and …. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/1747
Handoko, N. P., & Ratnaningsih, D. (2024). ANALISIS KINERJA DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN ANGKUTAN SEKOLAH TRAYEK CAMPURDARAT-TULUNGAGUNG. Jurnal Online Skripsi …. http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jos-mrk/article/view/3761
Hariro, M., Husnan, L. H., & ... (2022). Pengaruh Relationship Marketing Pada Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Pasca Covid 19. JPIn: Jurnal Pendidik …. https://intancendekia.org/jurnal/index.php/JPIn/article/view/330
Haris, A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Economics and Digital Business Review. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/591
Hidayat, L., & Yandri, P. (2023). Formulasi dan Validasi Indikator Technopreneur. In Digital Business Journal. researchgate.net. https://www.researchgate.net/profile/Pitri-Yandri-2/publication/369017048_Formulasi_dan_Validasi_Indikator_Technopreneur/links/66b05eea8f7e1236bc396344/Formulasi-dan-Validasi-Indikator-Technopreneur.pdf
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=PYfCDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=indrasari+meithiana+2019+pemasaran+kepuasan&ots=mc6aIOjv6b&sig=UqOjBJmwCsl7QPk48dx5h-mbQDg
Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas
Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis …. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/3536
Jumarodin, J. (2019). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu Di Umy. Jurnal Manajemen Bisnis. https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/6316
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran edisi milenium. In Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). In England: Pearson Education Limited.
Lupiyoadi, R. (2018). Entrepreneurship: From Mindset to Strategy; Edisi Kedua. scholar.ui.ac.id. https://scholar.ui.ac.id/en/publications/entrepreneurship-from-mindset-to-strategy-edisi-kedua
Luqman, M. L. (2019). Pengaruh diferensiasi produk dan citra perusahaan terhadap keunggulan bersaing pada Awesam Store Malang. etheses.uin-malang.ac.id. http://etheses.uin-malang.ac.id/16786/
Marlisa, N. H. Z., Machmud, R., & ... (2022). Strategi Diferensiasi Dan Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Hotel Grand Q Gorontalo). Oikos Nomos: Jurnal …. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/view/18282
Maruli, E., Anigomang, F. R., & Maro, Y. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, dan Suasana Tempat Terhadapkepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Wahana …. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3797
Muhammad, A. M., Febrian, Y. A., & ... (2024). Pentingnya Hubungan Bisnis dan Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan di Era Digital. Jurnal Ilmiah …. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jirs/article/view/1189
Parasuraman, A., Details, P. author, & ; Zeithaml, Valarie A; Berry, L. L. (2017). Servqual: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perc - ProQuest. Journal of Retailing, 9(10), 1–13. https://www.proquest.com/openview/7d007e04d78261295e5524f15bef6837
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perc. Journal of Retailing. https://search.proquest.com/openview/7d007e04d78261295e5524f15bef6837/1?pq-origsite=gscholar&cbl=41988
Prihatminingtyas, B. (2019). Pengaruh modal, lama usaha, jam kerja dan lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang di pasar Landungsari. In Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/276541249.pdf
Puspitaningrum, Y., & Damanuri, A. (2022). Analisis lokasi usaha dalam meningkatkan keberhasilan bisnis pada grosir Berkah Doho Dolopo Madiun. Niqosiya: Journal of …. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/niqosiya/article/view/977
Ramadhina, A., & Mugiono, M. (2022). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan …. https://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/view/21/13
Ridha, M. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Merek Pro Att Di Toko Cahaya Desa Ngabar Jetis Mojokerto. Language. https://repository.unimas.ac.id/index.php?p=show_detail&id=312
Riny, H. H., & Wijaksana, T. I. (2019). Pengaruh Diferensiasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Auto2000 Karawang. EProceedings …. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/9463
Salim, N., & Rahmadhani, S. (2024). Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah. Among Makarti. http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/634
Saraswati, K. D., Sanjaya, P. K. A., & ... (2021). Pengaruh Variasi Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Repurchase Intention. In WidyaAmrita: Jurnal …. ejournal.unhi.ac.id. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/download/1283/789
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/707
79
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business seventh edition. repository.iuk.ac.ke. http://repository.iuk.ac.ke:8080/xmlui/bitstream/handle/123456789/487/Research Methods For Business A Skill Building Approach %28Uma Sekaran%2C Roger Bougie%29 %28Z-Library%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Siregar, M. I., Saggaf, A., & Hidayat, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis Microsoft Excel Pada Kerajinan Songket Mayang Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri. https://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/1509
Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I., & ... (2022). Kewirausahaan UMKM Di Era Digital. repository.penerbitwidina.com. https://repository.penerbitwidina.com/publications/515239/kewirausahaan-umkm-di-era-digital
Tania, A. E., Hermawan, H., & ... (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. In Publik: Jurnal …. repository.unmuhjember.ac.id. http://repository.unmuhjember.ac.id/13450/1/258-Article Text-1029-1-10-20220226.pdf