ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PENJUAL KOPI KELILING MENGGUNAKAN GEROBAK SEPEDA LISTRIK DENGAN BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN (Studi Kasus Penjual Kopi Keliling di Kota Semarang)

Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2024

Kamila Rilis awaly


Pembimbing

  • Pembimbing 1 : Drs. Dirgo Wahyono M.Si
  • Pembimbing 2 : Salimah, S.Pd, M.Si.

Penguji

  • Penguji 1 : DR. M. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H
  • Penguji 2 : Yudho Purnomo, S.E, MM
  • Penguji 3 :

URL
No Jenis File File
1 File Komplit Lihat File
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh Bauran

Pemasaran (4P) yang terdiri dari strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan

strategi promosi terhadap peningkatan penjualan kopi keliling yang menggunakan

gerobak sepeda listrik di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif

dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Jenis datanya adalah data

primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel

dalam penelitian ini sebanyak 85 responden. Metode analisis yang digunakan

adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikoloneritas, uji

heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien

determinasi menggunakan software SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi produk berpengaruh

positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, strategi harga berpengaruh

positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, strategi tempat berpengaruh

terhadap peningkatan penjualan, strategi promosi berpengaruh positif dan

signifikan terhadap peningkatan penjualan, serta berdasarkan hasil uji F, strategi

produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi secara simultan

berpengaruh terhadap penjualan kopi keliling yang menggunakan gerobak sepeda

listrik di Kota Semarang.

Keyword : Product Strategy, Price Strategy, Place Strategy, Promotion Strategy, Increase sales.

DAFTAR PUSTAKA

Amelia, S. S., & Iswadi. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Media

Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT Tunas Jaya. Technomedia

Journal, 8(3), 1–13. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i3.2087

Damayanti, H. J. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Produk PT Sosro

Medan. I(2), 47–58. http://stmb-multismart.ac.id/ejournal

Elisastra Kurniawan, H. M. (n.d.). Analisis strategi pemasaran kopi keliling

menghadapi persaingan di era globalisasi. 1350–1356.

Eva Desembrianita, Sunarni, Fauziah Nur Hutauruk, Fajriani Azis, & Yusuf

Iskandar. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap

Efisiensi Biaya Pemasaran pada UMKM di Jawa Barat: PersEva

Desembrianita, Sunarni, Fauziah Nur Hutauruk, Fajriani Azis, & Yusuf

Iskandar. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap

Efisiensi B. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 58–67.

Fajri, I. (2018). Strategi Peningkatan Penjualan Makanan Tradisional Sunda

Melalui Daya Tarik Produk Wisata Kuliner di The Jayakarta Bandung Suite

Hotel & Spa. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal,

8(1), 45. https://doi.org/10.17509/thej.v8i1.11689

Febransyah, & Ewa, A. (2020). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Pemasaran

Terhadap Laba. Jurnal Riset Akuntansi Tridinanti, 2(2), 135–150.

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan

Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi

Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Green S B. (1991). How Many Subjects Does It Take To Do A Regression

Analysis. Multivariate Behavioral Research, 26(3), 499–510.

https://doi.org/10.1207/s15327906mbr2603

Gujarati, D.N & Porter, D. . (2009). Basic Econometrics. McGraw-Hill.

http://dspace.kottakkalfarookcollege.edu.in:8001/jspui/bitstream/123456789/

3846/1/Basic Econometrics %28 PDFDrive %29.pdf

Hasanah, A. Al, Guntur, M., & Baharuddin, A. (2020). Pengaruh Intensitas

Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Beras Perusahaan Umum BULOG

Divisi Regional SULSELBAR di Makassar. Pinisi Business Administration

Review, 2(2), 59–66.

Hutabarat, E. (2017). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan

motor suzuki satria fu pada pt. sunindo varia motor gemilang medan. Jurnal

Ilmiah Methonomi, 3(1), 112–121.

Imam Ghozali. (2018). Aplikasi analisis multivariete SPSS 25 I. Ghozali, Imam.

%22Aplikasi analisis multivariete SPSS 25.%22 (2018).

Irfan, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Rumah Terhadap Peningkatan

Volume Penjualan Pada PT. Clarimond Astro Makassar. Journal of

Management, 4(2), 155–161. https://doi.org/10.37531/yum.v11.75

Iskandar, R., & Suarsih, E. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan

Penjualan. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–8.

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i1.66

Keller, K. L., & Kotler, P. (2015). Holistic marketing: a broad, integrated

perspective to marketing management. In Does marketing need reform?:

Fresh perspectives on the future (pp. 308–313). Routledge.

kottler, keller. (2019). marketing management. Sustainability (Switzerland),

11(1), 1–14.

http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-

8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciu

rbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484

_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Lahati, R. ., Latif, A. ., & Haslindah, H. (2024). Analisis Strategi Pemasaran

Terhadap Peningkatan Penjualan Jamu Herbal Rempah Unhy Cagibran Di

Kec. Baranti Kab. Sidenreng Rappang. YUME: Journal of Management,

7(2), 1241–1249.

Lie, F. B., Lumanauw, B., & Raintung, M. C. (2021). Analisis Pengaruh Strategi

Pemasaran (4P) Terhadap Tingkat Penjualan Motor Yamaha Pada Pt. Hasjrat

Abadi Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Kotamobagu Analysis of the Effect

of Marketing Strategy (4P) on Yamaha Motorcycle Sales Level At Pt.

Eternal Desire Duri. Jurnal EMBA, 9(4), 1239–1248.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37313%0Ahttps://ej

ournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/37313/34460

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting,

Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan

Perkembangan Umkm Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27–34.

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146

Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris:

Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40.

https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59

Mozes haryanto, Nurdwiana sari saudi, mmuh. ashary, Moh. hatta, I. L. . L.

(2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume

Penjualan. YUME : Journal of Management, 5(1), 235–237.

https://doi.org/10.37531/yume.vxix.436

Muhajir, A., & Bilgies, A. F. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Strategi

Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Sinar Terang Gresik.

ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 5(2), 36–50.

https://doi.org/10.52166/adilla.v5i2.3197

Pakasi. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP

PENINGKATAN PENJUALAN DI RESTAURANT D ’ FISH MANADO

ANALYSIS OF MARKETING STRATEGY ON INCREASING SALES AT

RESTAURANT D ’ FISH Jurnal EMBA Vol . 10 . No . 1 Januari 2022 , Hal .

1975-1984. 10(1), 1975–1984.

Ramadhan, R. P., Bela, O. L., & Prasetyo, H. D. (2022). Analisis Strategi

Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Makaroni

Kriukzz. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 277–281.

https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1.153

Ranti, R. F., Nuraini, P., & Firmansyah, R. (2022). Strategi Promosi pada Aplikasi

TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Jurnal Ekonomi

Perjuangan, 4(2), 76–80. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1121

Sekaran & Bougie. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building

Approach. Wiley.

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Ko6bCgAAQBAJ&oi=fnd

&pg=PA19&dq=sekaran+dan+bougie&ots=2D0L_4MZlU&sig=_MYamcq

KFkcEr47eWaBU6Yf2QlE&redir_esc=y#v=onepage&q=sekaran dan

bougie&f=false

Septiani, V. A., Wijayanti, C. I., Larasati, U., Nazhiifah, A. K., & Zuhri, S.

(2024). Analisis perilaku konsumen pada kopi keliling sebagai alternatif

gaya hidup gen z. 5(4).

Shabastian, M., & Samuel, H. (2013). Pengaruh Strategi Harga dan Strategi

Produk Terhadap Brand Loyalty di Tator Café Surabaya Town Square.

Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–9.

Subhan, M., & Fatmala, C. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap

Peningkatan Penjualan Produk Susu Anlene pada PT. Fonterra Brands

Indonesia Cabang Jambi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Ekonomi

Syariah UIN Sulthan Thahah Saifuddin Jambi, 1–15.

sugiyono. (2016). Buku Metode Penelitian Komunikasi. In Jurnal Dinamika

Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 3).

https://doi.org/10.14710/jdep.1.3.35-45

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis strategi UMKM (Studi

  Browse
  • Dosen 23
  • Skripsi 24
  • Pengguna 214

  Account