ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PENJUAL KOPI KELILING MENGGUNAKAN GEROBAK SEPEDA LISTRIK DENGAN BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN (Studi Kasus Penjual Kopi Keliling di Kota Semarang)
Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2024
Kamila Rilis awaly
Pembimbing
- Pembimbing 1 : Drs. Dirgo Wahyono M.Si
- Pembimbing 2 : Salimah, S.Pd, M.Si.
Penguji
- Penguji 1 : DR. M. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H
- Penguji 2 : Yudho Purnomo, S.E, MM
- Penguji 3 :
URL
| No | Jenis File | File |
|---|---|---|
| 1 | File Komplit | Lihat File |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh Bauran
Pemasaran (4P) yang terdiri dari strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan
strategi promosi terhadap peningkatan penjualan kopi keliling yang menggunakan
gerobak sepeda listrik di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif
dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Jenis datanya adalah data
primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanyak 85 responden. Metode analisis yang digunakan
adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikoloneritas, uji
heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien
determinasi menggunakan software SPSS versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, strategi harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, strategi tempat berpengaruh
terhadap peningkatan penjualan, strategi promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap peningkatan penjualan, serta berdasarkan hasil uji F, strategi
produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi secara simultan
berpengaruh terhadap penjualan kopi keliling yang menggunakan gerobak sepeda
listrik di Kota Semarang.
Keyword : Product Strategy, Price Strategy, Place Strategy, Promotion Strategy, Increase sales.
DAFTAR PUSTAKA
Amelia, S. S., & Iswadi. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Media
Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT Tunas Jaya. Technomedia
Journal, 8(3), 1–13. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i3.2087
Damayanti, H. J. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Produk PT Sosro
Medan. I(2), 47–58. http://stmb-multismart.ac.id/ejournal
Elisastra Kurniawan, H. M. (n.d.). Analisis strategi pemasaran kopi keliling
menghadapi persaingan di era globalisasi. 1350–1356.
Eva Desembrianita, Sunarni, Fauziah Nur Hutauruk, Fajriani Azis, & Yusuf
Iskandar. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap
Efisiensi Biaya Pemasaran pada UMKM di Jawa Barat: PersEva
Desembrianita, Sunarni, Fauziah Nur Hutauruk, Fajriani Azis, & Yusuf
Iskandar. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap
Efisiensi B. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 58–67.
Fajri, I. (2018). Strategi Peningkatan Penjualan Makanan Tradisional Sunda
Melalui Daya Tarik Produk Wisata Kuliner di The Jayakarta Bandung Suite
Hotel & Spa. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal,
8(1), 45. https://doi.org/10.17509/thej.v8i1.11689
Febransyah, & Ewa, A. (2020). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Pemasaran
Terhadap Laba. Jurnal Riset Akuntansi Tridinanti, 2(2), 135–150.
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan
Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi
Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Green S B. (1991). How Many Subjects Does It Take To Do A Regression
Analysis. Multivariate Behavioral Research, 26(3), 499–510.
https://doi.org/10.1207/s15327906mbr2603
Gujarati, D.N & Porter, D. . (2009). Basic Econometrics. McGraw-Hill.
http://dspace.kottakkalfarookcollege.edu.in:8001/jspui/bitstream/123456789/
3846/1/Basic Econometrics %28 PDFDrive %29.pdf
Hasanah, A. Al, Guntur, M., & Baharuddin, A. (2020). Pengaruh Intensitas
Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Beras Perusahaan Umum BULOG
Divisi Regional SULSELBAR di Makassar. Pinisi Business Administration
Review, 2(2), 59–66.
Hutabarat, E. (2017). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan
motor suzuki satria fu pada pt. sunindo varia motor gemilang medan. Jurnal
Ilmiah Methonomi, 3(1), 112–121.
Imam Ghozali. (2018). Aplikasi analisis multivariete SPSS 25 I. Ghozali, Imam.
%22Aplikasi analisis multivariete SPSS 25.%22 (2018).
Irfan, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Rumah Terhadap Peningkatan
Volume Penjualan Pada PT. Clarimond Astro Makassar. Journal of
Management, 4(2), 155–161. https://doi.org/10.37531/yum.v11.75
Iskandar, R., & Suarsih, E. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan
Penjualan. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–8.
https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i1.66
Keller, K. L., & Kotler, P. (2015). Holistic marketing: a broad, integrated
perspective to marketing management. In Does marketing need reform?:
Fresh perspectives on the future (pp. 308–313). Routledge.
kottler, keller. (2019). marketing management. Sustainability (Switzerland),
11(1), 1–14.
http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-
8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciu
rbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484
_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Lahati, R. ., Latif, A. ., & Haslindah, H. (2024). Analisis Strategi Pemasaran
Terhadap Peningkatan Penjualan Jamu Herbal Rempah Unhy Cagibran Di
Kec. Baranti Kab. Sidenreng Rappang. YUME: Journal of Management,
7(2), 1241–1249.
Lie, F. B., Lumanauw, B., & Raintung, M. C. (2021). Analisis Pengaruh Strategi
Pemasaran (4P) Terhadap Tingkat Penjualan Motor Yamaha Pada Pt. Hasjrat
Abadi Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Kotamobagu Analysis of the Effect
of Marketing Strategy (4P) on Yamaha Motorcycle Sales Level At Pt.
Eternal Desire Duri. Jurnal EMBA, 9(4), 1239–1248.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37313%0Ahttps://ej
ournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/37313/34460
Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting,
Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan
Perkembangan Umkm Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27–34.
https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146
Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris:
Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40.
https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59
Mozes haryanto, Nurdwiana sari saudi, mmuh. ashary, Moh. hatta, I. L. . L.
(2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume
Penjualan. YUME : Journal of Management, 5(1), 235–237.
https://doi.org/10.37531/yume.vxix.436
Muhajir, A., & Bilgies, A. F. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Strategi
Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Sinar Terang Gresik.
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 5(2), 36–50.
https://doi.org/10.52166/adilla.v5i2.3197
Pakasi. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP
PENINGKATAN PENJUALAN DI RESTAURANT D ’ FISH MANADO
ANALYSIS OF MARKETING STRATEGY ON INCREASING SALES AT
RESTAURANT D ’ FISH Jurnal EMBA Vol . 10 . No . 1 Januari 2022 , Hal .
1975-1984. 10(1), 1975–1984.
Ramadhan, R. P., Bela, O. L., & Prasetyo, H. D. (2022). Analisis Strategi
Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Makaroni
Kriukzz. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 277–281.
https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1.153
Ranti, R. F., Nuraini, P., & Firmansyah, R. (2022). Strategi Promosi pada Aplikasi
TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Jurnal Ekonomi
Perjuangan, 4(2), 76–80. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1121
Sekaran & Bougie. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building
Approach. Wiley.
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Ko6bCgAAQBAJ&oi=fnd
&pg=PA19&dq=sekaran+dan+bougie&ots=2D0L_4MZlU&sig=_MYamcq
KFkcEr47eWaBU6Yf2QlE&redir_esc=y#v=onepage&q=sekaran dan
bougie&f=false
Septiani, V. A., Wijayanti, C. I., Larasati, U., Nazhiifah, A. K., & Zuhri, S.
(2024). Analisis perilaku konsumen pada kopi keliling sebagai alternatif
gaya hidup gen z. 5(4).
Shabastian, M., & Samuel, H. (2013). Pengaruh Strategi Harga dan Strategi
Produk Terhadap Brand Loyalty di Tator Café Surabaya Town Square.
Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–9.
Subhan, M., & Fatmala, C. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap
Peningkatan Penjualan Produk Susu Anlene pada PT. Fonterra Brands
Indonesia Cabang Jambi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Ekonomi
Syariah UIN Sulthan Thahah Saifuddin Jambi, 1–15.
sugiyono. (2016). Buku Metode Penelitian Komunikasi. In Jurnal Dinamika
Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 3).
https://doi.org/10.14710/jdep.1.3.35-45
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis strategi UMKM (Studi