ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PENJUAL KOPI KELILING MENGGUNAKAN GEROBAK SEPEDA LISTRIK DENGAN BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN (Studi Kasus Penjual Kopi Keliling di Kota Semarang)
Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2024
Kamila Rilis awaly
Pembimbing
- Pembimbing 1 : Drs. Dirgo Wahyono M.Si
- Pembimbing 2 : Salimah, S.Pd, M.Si.
Penguji
- Penguji 1 : DR. M. Shohibul Jamil, S.H.I, M.H
- Penguji 2 : Yudho Purnomo, S.E, MM
- Penguji 3 :
URL
No | Jenis File | File |
---|---|---|
1 | File Komplit | Lihat File |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh Bauran Pemasaran (4P) yang terdiri dari strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan
strategi promosi terhadap peningkatan penjualan kopi keliling yang menggunakan gerobak sepeda listrik di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Jenis datanya adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikoloneritas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, strategi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, strategi tempat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan, strategi promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, serta berdasarkan hasil uji F, strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi secara simultan berpengaruh terhadap penjualan kopi keliling yang menggunakan gerobak sepeda listrik di Kota Semarang.
Keyword : Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Tempat, Strategi Promosi, Peningkatan penjualan