ANALISIS PENGARUH PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT KUR, KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP KEPUASAN NASABAH KUR DI PT BANK TABUNGAN NEGERA (PERSERO) Tbk KANTOR CABANG SEMARANG

Skripsi, S1 - MANAJEMEN, 2024

Maria Agustina Wewe


Pembimbing

  • Pembimbing 1 : Drs. Dirgo Wahyono M.Si
  • Pembimbing 2 : Ginanjar Suendro, S.E, M.M

Penguji

  • Penguji 1 : DR. Sodikin S.Ag, M.M
  • Penguji 2 : Yudho Purnomo, S.E, MM
  • Penguji 3 :

URL
No Jenis File File
1 File Komplit Lihat File
ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan adanya pengaruh prosedur pemberian kredit KUR, kualitas pelayanan, dan tingkat suku bunga terhadap kepuasan nasabah di Bank BTN Kantor Cabang Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tekinik pengambilan sampel random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner terhadap responden. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 70 responden. Metode analisis data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedasitas, uji regresi linear berganda, uji siginifikasi (uji t dan uji F), uji koefisien determenasi mengunakan software SSPS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial prosedur pemberian krediit KUR berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah dan tingkat suku bunga berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil uji F prosedur pemberian kredit KUR, kualitas pelayanan dan tingkat suku bunga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Keyword : KUR granting procedures, service quality, interest rates and customer satisfaction

DAFTAR PUSTAKA

Ach Jamaluddin, T. W. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan & Suku Bunga Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Di Bank Bni Sentra Kredit Menengah Sdoarjo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(September), 1–12.

Amalia, R. I. (2022). PENGARUH PROMOSI, KUALITAS LAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELLUI KEPUASAN KONSUMEN MARKET PLACE SHOPEE (Studi Kasus Kecamatan Cempaka Putih). 12(2004), 6–25.

Ayuni Indasyari Tanjung, M. Z. (2015). PENGARUH SUKU BUNGA , BIAYA , DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT MIKRO PADA BANK DANAMON SIMPAN PINJAM RANTAUPRAPAT. 2(1), 27–37.

Ayuni, Z. F. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Pegawai pada PT. Bank Lampung Kantor Cabang Utama Bandar Lampung. Journal GEEJ, 7(2).

Budaharini, I. A. P. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPERCAYAAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CV POWER HEARING BALI. 105(3), 129–133. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id

Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Cahyani, I. N. (2023). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada KUD Basuki di Desa Bulusari Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap) SKRIPSI. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali, Imam. 2017. Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. cetakan 7. Badan Penerbit Undip - Semarang

Handayani, D. T., Ermawati, E., Ferdinal, A., Manajemen, P. S., Hukum, F., & Ekonomi, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Suku Bunga Kredit Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Nasabah Kantor Pusat Koperasi LPN Multi Usaha Di Nagari Kurnia Selatan). 3, 4276–4288.

Imaniar, D. P. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PROSEDUR PINJAMAN TERHADAP LOYALITAS MITRA BINAAN MELALUI KEPUASAN MITRA BINAAN PADA PROGRAM KEMITRAAN CDC PT TELKOM JEMBER. 4(1), 119–129.

Irawan, H., Ansar, A., Dahlan, S. S., & Akbar, A. (2022). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Perdagangan Kota Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v4i1.854

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (16 ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Kusumawardhani, N. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENANGANAN KOMPLAIN, KUALITAS PRODUK, DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH. Jurnal Akuntansi, 11.

Nunung, A., Candra Fatihah, D., Hernawati, E., & Azka Savvana, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Pada Bank BJB KCP

Gedebage. Journal of Economics and Business UBS, 12(2), 1138–1148. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i2.176

Razak, SE., MS., I., & MM., R. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 125–134. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.217

Rocki Warouw, S. L. F. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Perkreditan Rakyat Dana Raya Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 21(04), 57–67.

Sabar, S., Jiwa, I. D. N. A., & Arnawa, G. (2022). Kualitas Pelayanan, Prosedur Pinjaman Dan Kepuasan Nasabah Kur Bri Unit Gerokgak. Widya Amerta, 8(2), 123–134. https://doi.org/10.37637/wa.v8i2.905

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). 1–781.

Supeno, C. P. N. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN DAN PROSEDUR PINJAMAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK BNI KANTOR WILAYAH 07 MAKASSAR.

Syahrir, I., Nurhidayat, R., & Mutaqin. (2016). Kredit Usaha Rakyat (Kur): “Indonesian Way” Untuk Mensejahterakan Rakyat Indonesia. Kajian Ekonomi Keuangan- Badan Kebijakan Fiskal, Hlm.33.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4 ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

  Browse
  • Dosen 23
  • Skripsi 24
  • Pengguna 214

  Account