STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BISNIS KULINER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (Studi Kasus Kebab Al bismi)
Praktek Kerja, S1 - AKUNTANSI, 2023
MUHAMMAD RISQI
PEMBIMBING
Intan Imam Sutanto, S.E, M.Si
LATAR BELAKANG
Latar Belakang
Perkembangan dunia bisnis saat ini diwarnai
dengan persaingan yang semakin tajam. Keberhasilan dalam berbisnis ditentukan oleh keberhasilan pemasaran. Oleh karena itu, peran pemasaran
semakin penting dan menjadi ujung tombak setiap bisnis. Salah satu upaya yang dilakukan
untuk mencapai keberhasilan pemasaran adalah dengan mengenali kebutuhan
dan keinginan masyarakat, agar tercapai keputusan yang
memuaskan bagi konsumen dan bagi pelaku usaha
yang menawarkan produk tersebut.
Selain itu, strategi pemasaran
yang menarik perhatian masyarakat juga sangat
dibutuhkan. Tidak hanya menggunakan cara konvensional seperti
brosur, spanduk, door
to door maupun face to face,
pemasaran juga harus mengikuti zaman dengan memanfaatkan website
bisnis atau media sosial seperti
Instagram, Facebook, Twitter,
dan lainnya. Hal itu
lebih menghemat waktu,
biaya, dan tenaga mengingat hampir
mayoritas masyarakat melakukan
aktivitas hariannya dengan
berselancar di internet, khususnya media sosial.
Bisnis modern
saat ini sangat memahami bahwa pemasaran tidak sekadar memasarkan produk yang dijual, melainkan menetapkan harga yang
pas untuk konsumen dan membuat
strategi promosi yang menarik menjadi suatu keharusan. Komunikasi yang baik antara pelaku usaha dengan konsumen juga
menjadi unsur penting dalam pemasaran
karena keduanya merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan untuk
keberlangsungan suatu usaha.
Permintaan lapangan pekerjaan di era ini semakin tinggi,
namun hal ini tidak sebanding dengan banyaknya penawaran pekerjaan yang
disediakan perusahaan dan instansi di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah
berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut Bank Dunia dalam
World Development Report 2019: The Changing Nature of Work, jumlah robot yang
dioperasikan di dunia bertambah sangat cepat. Ini memicu kekhawatiran
menyusutnya lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, persaingan dalam mendapatkan
lapangan pekerjaan sangatlah ketat.
Menanggapi hal tersebut, di
adakannya program bernama praktik kerja yang ditujukan kepada mahasiswa
sehingga mahasiswa dapat merasakan dunia lingkungan kerja yang sesungguhnya.
Selain itu, dalam praktik kerja lapangan inilah, mahasiswa dapat mengetahui
bidang kerja sesungguhnya dari program studi yang mereka tempuh selama beberapa
tahun di universitas. Praktik kerja lapangan ini juga diterapkan agar mahasiswa
tidak terus- menerus terpaku pada kajian teoritis bidang studi yang mereka
tekuni di kampus.
Setiap instansi dan perusahaan memiliki kebutuhan, penggunaan, dan sudut
pandang yang berbeda mengenai bidang studi mahasiswa di perkuliahan. Apa yang
mereka dapatkan belum tentu diterapkan di lapangan, begitu pun sebaliknya, yang
didapat di lapangan belum tentu termasuk dalam kajian teoritis yang mahasiswa
dapat di kampus. Hal ini karena perkuliahan di kampus cenderung membahas segala
sesuatu secara general, sedangkan di lapangan memiliki fokus masing-masing.
Berdasarkan uraian di atas, Program Studi S1 Akuntansi STIE Cendekia
Karta Utama Semarang mewajibkan para mahasiswa mengikuti praktik kerja yang
dilaksanakan selama 3 bulan. Praktik kerja lapangan ini juga merupakan salah
satu persyaratan yang harus dipenuhi
MANFAAT
Manfaat Penelitian
Peneltian ini
diharapkan memberikan masukan bagi pengembangan ilmu komunikasi pemasaran khususnya
dalam bidang periklanan yang diterapkan dalam bidang iklan prodak yang di sampaikan pada konsumen
1. Manfaat Akademis
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan umum bagi pihak akademik, khususnya bagi penulis priadi.
Penelitian ini adalah salah satu syarat untuk
meraih gelar sarjana
strata satu di
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI CENDEKIA
KARYA UTAMA
2. Manfaat Praktis
Penelitian
ini sangatlah bermanfaat bagi Kebab Al Bismi sebagai tolak ukur akan penyampaian strategi komunikasi
pemasaran dalam meningkatkan jumlah
konsumen. Juga bagi mahasiswa yang membaca untuk menentukan strategi komunikasi yang tepat dalam usaha
bisnis kuliner dan juga upaya meningkatkan
jumlah konsumen. Dalam hal ini khususnya mahasiswa yang tertarik dengan dunia
periklanan.
TUJUAN
Tujuan Penelitian
1. Untuk mendeskripsikan strategi komunikasi
pemasaran Kebab Al Bismi dalam menghadapi persaingan.
2. Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi bisnis Kebab
Al Bismi dalam
menjalankan strategi
komunikasi pemasaran
FILE
Browse
- Dosen 23
- praja 101
- Praktek Kerja 101
- Pengguna 192