STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BISNIS KULINER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (Studi Kasus Kebab Al bismi)

Praktek Kerja, S1 - AKUNTANSI, 2023

MUHAMMAD RISQI


PEMBIMBING

Intan Imam Sutanto, S.E, M.Si

LATAR BELAKANG

  Latar Belakang

 

Perkembangan dunia bisnis saat ini diwarnai dengan persaingan yang semakin tajam. Keberhasilan dalam berbisnis ditentukan oleh keberhasilan pemasaran. Oleh karena itu, peran pemasaran semakin penting dan menjadi ujung tombak setiap bisnis. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan pemasaran adalah dengan mengenali kebutuhan dan keinginan masyarakat, agar tercapai keputusan yang memuaskan bagi konsumen dan bagi pelaku usaha yang menawarkan produk tersebut.

Selain itu, strategi pemasaran yang menarik perhatian masyarakat juga sangat dibutuhkan. Tidak hanya menggunakan cara konvensional seperti brosur, spanduk, door to door maupun face to face, pemasaran juga harus mengikuti zaman dengan memanfaatkan website bisnis atau media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Hal itu lebih menghemat waktu, biaya, dan tenaga mengingat hampir mayoritas masyarakat melakukan aktivitas hariannya dengan berselancar di internet, khususnya media sosial.

Bisnis modern saat ini sangat memahami bahwa pemasaran tidak sekadar memasarkan produk yang dijual, melainkan menetapkan harga yang pas untuk konsumen dan membuat strategi promosi yang menarik menjadi suatu keharusan. Komunikasi yang baik antara pelaku usaha dengan konsumen juga menjadi unsur penting dalam pemasaran karena keduanya merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan untuk keberlangsungan suatu usaha.

 

                   Permintaan lapangan pekerjaan di era ini semakin tinggi, namun hal ini tidak sebanding dengan banyaknya penawaran pekerjaan yang disediakan perusahaan dan instansi di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut Bank Dunia dalam World Development Report 2019: The Changing Nature of Work, jumlah robot yang dioperasikan di dunia bertambah sangat cepat. Ini memicu kekhawatiran menyusutnya lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, persaingan dalam mendapatkan lapangan pekerjaan sangatlah ketat.

Menanggapi hal tersebut, di adakannya program bernama praktik kerja yang ditujukan kepada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat merasakan dunia lingkungan kerja yang sesungguhnya. Selain itu, dalam praktik kerja lapangan inilah, mahasiswa dapat mengetahui bidang kerja sesungguhnya dari program studi yang mereka tempuh selama beberapa tahun di universitas. Praktik kerja lapangan ini juga diterapkan agar mahasiswa tidak terus- menerus terpaku pada kajian teoritis bidang studi yang mereka tekuni di kampus.

Setiap instansi dan perusahaan memiliki kebutuhan, penggunaan, dan sudut pandang yang berbeda mengenai bidang studi mahasiswa di perkuliahan. Apa yang mereka dapatkan belum tentu diterapkan di lapangan, begitu pun sebaliknya, yang didapat di lapangan belum tentu termasuk dalam kajian teoritis yang mahasiswa dapat di kampus. Hal ini karena perkuliahan di kampus cenderung membahas segala sesuatu secara general, sedangkan di lapangan memiliki fokus masing-masing.

Berdasarkan uraian di atas, Program Studi S1 Akuntansi STIE Cendekia Karta Utama Semarang mewajibkan para mahasiswa mengikuti praktik kerja yang dilaksanakan selama 3 bulan. Praktik kerja lapangan ini juga merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi

MANFAAT

Manfaat Penelitian



Peneltian ini diharapkan memberikan masukan bagi pengembangan ilmu komunikasi pemasaran khususnya dalam bidang periklanan yang diterapkan dalam bidang iklan prodak yang di sampaikan pada konsumen

1.    Manfaat Akademis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan umum bagi pihak akademik, khususnya bagi penulis priadi. Penelitian ini adalah salah satu syarat untuk meraih gelar sarjana strata satu di SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI  CENDEKIA KARYA UTAMA

2.      Manfaat Praktis

Penelitian ini sangatlah bermanfaat bagi Kebab Al Bismi sebagai tolak ukur akan penyampaian strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen. Juga bagi mahasiswa yang membaca untuk menentukan strategi komunikasi yang tepat dalam usaha bisnis kuliner dan juga upaya meningkatkan jumlah konsumen. Dalam hal ini khususnya mahasiswa yang tertarik dengan dunia periklanan.

TUJUAN

Tujuan Penelitian



1.      Untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Kebab Al Bismi dalam menghadapi persaingan.

2.      Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi bisnis Kebab Al Bismi dalam    

menjalankan strategi komunikasi pemasaran

FILE

File

  Browse
  • Dosen 23
  • praja 101
  • Praktek Kerja 101
  • Pengguna 192

  Account